Wednesday, October 31, 2012

kontes wirausaha muda berhadiah modal usaha.

Kadin Jateng bersama Suara Merdeka akan menggelar kontes wirausaha muda bertajuk ‘’Ide Muda’’ berhadiah modal usaha. Kontes terbuka bagi generasi muda yang memiliki berbagai ide usaha prospektif dan kreatif.
Ketua Umum Kadin Jateng yang juga CEO Suara Merdeka Group Kukrit Suryo Wicaksono selaku penggagas kontes itu menjelaskan program tersebut diharapkan bisa mendorong penggagas ide bisnis baru untuk lebih berani merealisasikan gagasannya dalam wirausaha nyata.

Kontes semacam itu merupakan salah satu realisasi program Kadin Jateng untuk melahirkan generasi muda pencipta lapangan kerja lewat berbagai wirausaha baru. Program itu, menurut Kukrit, bukan hanya berupa pemberian semangat, melainkan juga perhatian dan dukungan secara langsung .
‘’Program Ide Muda Kadin Jateng bukanlah hanya sharing opportunity. Kami juga melakukan pendampingan berupa dukungan pengetahuan dan permodalan,’’ jelasnya, kemarin.
Kegiatan itu diharapkan juga menjadi salah satu ikon program Kadin Jateng yang memberi manfaat nyata kepada masyarakat.


Ketentuan Lomba

Kontes bisa diikuti kalangan pelajar, mahasiswa, atau masyarakat umum yang berusia maksimal 25 tahun. Wirausaha yang diajukan ke lomba berlaku untuk perencanaan bisnis yang belum beroperasi.
Wirausaha yang dilombakan bukan merupakan skema distributor MLM, agen asuransi, member broker properti, agen penjualan investasi bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.

Wirausaha yang dilombakan tidak boleh mengandung indikasi money game, arisan berantai, atau skema piramida. Jenis usaha tersebut harus bisa diimplementasikan sebagai bisnis nyata. Wirausaha yang dilombakan belum pernah keluar sebagai pemenang dalam kompetisi serupa di tingkat provinsi atau nasional.

Proposal bisnis yang dilombakan juga harus original dari peserta, bukan merupakan plagiat dari yang telah ada. Dewan juri berhak membatalkan kemenangan peserta jika ada plagiarisme.
Untuk bisa mengikuti kontes,  para peserta yang berminat dipersyaratkan membuat model proposal bisnis kewirausahaan dengan anggaran maksimal Rp 10 juta. Proposal dibuat sekreatif mungkin berformat A4 dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pada sampul proposal bisnis ditulis nama peserta beserta universitas atau perguruan tinggi masing-masing. Proposal diserahkan langsung dalam bentuk hard copy rangkap 3 ke sekretariat Kadin Jateng Gedung JDC lantai IV Jalan Imam Bonjol 154-160 Semarang dan soft copy ke alamat email: info@kadinjateng.com paling lambat 10 November.

Para finalis yang lolos seleksi akan diundang untuk mempresentasikan proposal bisnis kewirausahaan dan diwajibkan membawa materi presentasi berupa flasdisk atau CD yang merupakan intisari proposal.
Final kontes dan pemberian penghargaan akan digelar 29 November di Mal Paragon Semarang.

No comments:

Post a Comment